Jumat, 04 Juni 2010

Teknologi LED Monitor akan gantikan LCD


Beberapa waktu yang lalu produsen LCD TV mengeluarkan produk baru yang cukup mengesankan yaitu LED TV. Rupa-rupanya produk dengan teknologi LED(Light Emitting Diode) ini akan segera diikuti juga oleh produsen monitor computer untuk menggantikan teknologi yang menggunakan LCD(Liquid Crystal Display). Sebagaimana yang kita ketahui sebelumnya teknologi LCD monitor menggantikan tekologi CRT(Cathode-Ray Tube) monitor yang dianggap boros energi dan kurang ramah lingkungan.

Demikian halnya dengan LED monitor ini diharapkan memberi perubahan terhadap penggunaan energi yang makin hemat danramah terhadap lingkungan hidup manusia yang dari hari ke hari semakin memburuk.

Banyak keunggulan yang dihasilkan LED monitor dibandingkan dengan LCD monitor. Diantaranya adalah kemampuan menghasilkan detail gambar yang lebih halus dan lebih sempurna dibandingkan dengan LCD Monitor. Selama ini LCD monitor sering dikeluhkan oleh pengguna computer yang bekerja sebagai desain grafis, yaitu kemampuan gambar yang dihasil;kan LCD tidak sehalus gambar yang dihasilkan monitor CRT. Nah inilah yang diperbaiki oleh LED monitor, sehingga nantinya seorang desain grafis bias memilih LED monitor sebagai media kerjanya. Kedalaman warnanya yang lebih tinggi dibandingkan dengan LCD monitor sampai mendekati warna aslinya. Wow……!!!!

Kontras rasionya pun mencapai 1000.000:1, dan tidak mengandung bahan berbahaya bagi lingkungan, salah satunya tidak mengandung mercury. Menggunakan LED monitor dipastikan tidak menghasilkan flicker(kedip) lebih sering diistilahkan sebagai(flicker free) pencahayaan yang dihasilkan LED lebih stabil dibandingkan dengan LCD.

Konsumsi energi yang digunakan juga lebih sedikit(40% lebih hemat) dibandingkan dengan LCD monitor yang masih menggunakan lampu fluorescent sebagai pemancar cahaya. Umur lampu LED lebih lama atau mempunyai masa pakai yang lebih lama dibandingkan LCD monitor.

Tentunya dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, produsen produsen perangkat computer merek terkenal khususnya monitor akan segera mengeluarkan LED monitor nya untuk pasar Indonesia. Di Indonesia , BENQ merupakan salah satu produk yang memperkenalkan penggunaan LED monitor pertama kali. Produk produk monitor LED baru muncul untuk kelas monitor berukuran 19”. Sampai sekarang belum ada yang menyasar pada segmen 15” dan 16”. Tak lama lagi produk produk dengan teknologi LED monitor akan hadir dihadapan kita.

sumber:solopos

0 komentar:

Posting Komentar